Responsive Advertisement

Apakah Accurate Bisa Dilakukan Secara Online? Cek Konfigurasinya

Konten [Tampil]

 

Apakah Accurate Bisa Dilakukan Secara Online? Cek Konfigurasinya

Guna memberi kemudahan dan fleksibilitas bagi pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, Accurate terbaru telah ditambahkan fitur baru yaitu kemampuan untuk membuka akses accurate dari internet. Artinya database server tidak harus terletak di kantor yang sama dengan komputer client dalam sebuah jaringan LAN, melainkan bisa terletak di lokasi lain namun masih tetap terjangkau jaringan internet (Wide Area Network = WAN).

 

Contoh implementasinya adalah perusahaan yang mempunyai lokasi pabrik dan kantor operasional yang berbeda lokasi, bisa juga perusahaan dengan cabang operasional di lokasi/kota lain.

 

Cara Akses Accurate Via Internet

Agar bisa mengonfigurasikan koneksi melalui internet dengan baik, perlu dipahami dengan baik beberapa hal berikut:

 

Pastikan komputer memiliki koneksi internet

Setiap komputer, baik client atau server bisa berkomunikasi karena memiliki IP address. Untuk mengetahui IP address masing-masing komputer, bisa di cek dengan klik Start – All Programs – Accessories – Command Prompt, kemudian setelah terbuka jendela DOS Prompt, ketikkan ipconfig dan tekan Enter.

 

IP address yang terlihat pada gambar diatas adalah IP Local. Artinya hanya dikenal oleh komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan LAN yang sama saja. Apabila jaringan LAN sudah memiliki koneksi internet maka setiap komputer yang terhubung ke internet juga memiliki IP Public, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:

 

Harus memiliki IP Public

Ada banyak website yang menyediakan bantuan untuk mengetahui IP Public jaringan komputer yang kita pakai, salah satunya dengan http://whatismyipaddress.com/

 

Konfigurasi Router

Walaupun sudah mengetahui IP Public, komputer di dalam jaringan LAN tidak bisa langsung diakses dari luar karena berada dibalik router. Kalau memperhatikan gambar diatas, baik komputer 1 maupun komputer 2 kalau melakukan pengecekan menggunakan http://whatismyipaddress.com/ akan mendapatkan hasil yang persis sama.

 

Agar bisa diakses dari luar via internet, kita perlu melakukan konfigurasi di router agar mengenali jenis akses yang diminta, kemudian kemana request ini akan diteruskan, ke komputer 1 atau 2.

 

Langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi router

Gunakan web browser membuka halaman admin router. IP address router pada umumnya (namun tidak selalu harus demikian) adalah Default Gateway. Penjelasan dan gambar screen capture dibawah ini menggunakan router merk TPLink sebagai contoh. Router (merk/model) lain bisa mempunyai menu dan penamaan yang agak berbeda namun dengan pemahaman yang sama:

  1. Setelah login, klik menu Advanced Setup – NAT
  2. Setelah itu klik Virtual Server, kemudian lengkapi beberapa parameter berikut: Port Number: 3051 – 3052
  3. IP address local: adalah alamat IP komputer dimana database Accurate berada, contoh paling atas server Accurate memiliki IP address 192.168.1.100.
  4. Setelah itu klik SAVE dan selesai. Komputer Server Accurate yang berada di LAN dengan IP 192.168.1.100 kini sudah bisa diakses dari internet. Selanjutnya komputer yang berada di cabang, di kota lain yang perlu membuka data pusat cukup melakukan login dengan memilih opsi internet (tersedia di Accurate terbaru), mengetikkan IP Public dimana server terhubung ke internet, serta nama file database dan folder dimana file tersebut berada.

 

 

Perhatian: IP Public dimaksud adalah IP Public server Accurate, bukan IP Public komputer client. Misalnya sebuah perusaahaan dengan banyak cabang, dimana file database tersimpan di server kantor pusat, maka IP Public yang penting diketahui adalah IP Public kantor pusat.

 

IP Statis dan IP Dinamis

Dalam penjelasan diatas, saya menyebutkan semua komputer yang terhubung ke internet memiliki sebuah IP Public yang unik. Tergantung pada paket internet yang dilanggani oleh perusahaan, sebagian besar pelanggan internet mendapat IP Public yang dinamis dimana setiap kali modem dimatikan, ketika dihidupkan lagi akan mendapat IP Public yang berbeda lagi.

 

Ini dinamakan IP dinamis. Beberapa paket langganan internet korporat menawarkan IP statis.

Koneksi internet dimana server Accurate berada ideal-nya menggunakan IP Public statis sehingga tidak perlu sering-sering ngecek IP Public baru dan update ke cabang-cabang remote untuk merubah IP server ketika hendak membuka database.

 

Bagi pelanggan internet yang tidak bisa mendapatkan fasilitas IP Public statis sehingga terpaksa harus menggunakan IP Public dinamis, ada sebuah service dari DynDns yang bisa membantu, kalau kebetulan router yang dimiliki mendukung fitur DynDNS.

Post a Comment

0 Comments