Responsive Advertisement

Aplikasi Pembukuan Usaha dan Aplikasi Pembukuan Android

Konten [Tampil]

 

Aplikasi Pembukuan Usaha dan Aplikasi Pembukuan Android

Aplikasi Pembukuan Usaha - Dalam menjalankan sebuah usaha tentu saja kita membutuhkan alat bantu pencatatan keuangan untuk bisnis kita. Karena dengan alat penunjang ini membantu kita untuk membuat laporan keuangan perusahaan.

 

Pencatatan penjualan toko bisa saja dilakukan secara manual misalnya dengan menggunakan buku besar atau untuk lebih mudahnya menggunakan aplikasi pembukuan sederhana. Saat ini, sudah banyak bisnis yang mulai menggunakan aplikasi catatan keuangan usaha untuk  mengelola pemasukan dan pengeluaran pada usahanya.

 

Sebelum memasuki mengenai apa saja aplikasi pembukuan, kamu harus tahu apa itu pembukuan. Pembukuan akuntansi adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengatur keuangan usaha dan informasi keuangan yang meliputi modal, kewajiban, keuntungan, harta, dan biaya lainnya.

 

Tidak hanya itu informasi keuangan lainnya seperti jumlah harga perolehan  dan penyerahan barang maupun jasa yang nantinya menyusun laporan keuangan seperti laporan laba rugi pada periode tertentu.

 

7 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Gratis

Aplikasi Pembukuan Android dan iOS

Terdapat 3 aplikasi catatan keuangan usaha android yang bisa kamu coba.

 

1. Akuntansi UKM – Money Manager

Rekomendasi pertama aplikasi catatan penjualan usaha kecil adalah Akuntansi UKM – Money Manager. Pada aplikasi laporan pencatatan keuangan ini dapat digunakan untuk pribadi maupun bisnis. Fitur yang bisa kamu nikmati salah satunya adalah semua transaksi usaha kamu bisa dicatat dan tidak ada batasan periode laporan keuangan, ditambah kamu bisa menggunakannya secara offline.

 

Sistem pada aplikasi ini memiliki interface yang sederhana sehingga dapat digunakan untuk usaha kecil dan menengah serta bisa mengelola keuangan pribadi kamu seperti pengeluaran sehari-hari kamu.

 

2. Akuntansi Keuangan 

Selanjutnya aplikasi akuntansi keuangan, aplikasi ini bisa kamu dapatkan di android maupun iOS secara gratis. Fitur yang dapat kamu gunakan seperti pencatatan keuangan dalam bentuk pembukuan. Maka dari itu, pada aplikasi ini kamu bisa menemukan pilihan jurnal, buku besar, neraca, laba rugi, dan lain sebagainya.

 

Aplikasi ini lebih cocok kamu gunakan apabila memiliki sebuah usaha dibandingkan untuk mengatur keuangan pribadi.

 

3. Teman Bisnis

Aplikasi android teman bisnis mungkin dapat membantu kamu dalam melakukan laporan keuangan pada bisnis kamu. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang mempunyai bisnis kecil-kecilan dan tidak memiliki ilmu atau pengetahuan mengenai akuntansi. Teman bisnis bisa dijadikan aplikasi pembukuan online shop gratis yang dapat kamu coba, selain untuk online shop aplikasi ini memang dirancang untuk pelaku usaha kecil menengah, produksi, bahkan reseller.

 

Software Aplikasi Pembukuan Usaha

Aplikasi pembukuan lainnya tidak hanya ada di android melainkan ada software khusus aplikasi pembukuan bahkan ada yang sudah terintegrasi dengan marketplace sehingga memudahkan kamu dalam melakukan laporan pembukuan usaha kamu.

 

1. Quickbooks

Aplikasi pembukuan akunting selanjutnya adalah Quickbooks. Aplikasi ini mampu membuat faktur dan kamu dapat melampirkan foto bahkan catatan untuk faktur dan transaksi yang berfungsi untuk membuat laporan keuangan meliputi laporan penjualan, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan pembelian, dan lain sebagainya.

Kelebihan lainnya pada aplikasi ini adalah pengguna dapat melakukan pengelompokkan terhadap transaksi pendapatan sehingga kamu bisa membuat laporan laba rugi berdasarkan kelompok. Kamu bisa mengaksesnya melalui tablet android maupun komputer yang pasti terkoneksi dengan internet.

 

2. Wave

Wave merupakan software pembukuan yang berasal dari Amerika Serikat dan sudah digunakan lebih dari ratusan ribu orang. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap seperti melakukan pengiriman invoice, pencatatan keuangan, dan juga membuat kwitansi online.

Kelebihan yang dari Wave ini memiliki tampilan yang menarik, kamu tidak perlu melakukan instalasi software, mempunyai fitur yang cukup lengkap. Tapi, sayangnya tidak adanya fitur dukungan untuk stok dan inventory.

 

Karena aplikasi ini dirancang untuk digunakan di Amerika Serikat dan Kanada maka dari itu aplikasi ini mungkin akan terlihat aneh jika dipakai di Indonesia karena ada beberapa fitur yang tidak dapat diakses.

 

3. Freshbooks

Freshbooks merupakan aplikasi akuntansi berbasis cloud yang penggunaannya cukup mudah terlebih untuk usaha kecil. Aplikasi ini juga melayani invoice, report, dan time tracking.

Memiliki fitur-fitur salah satunya melacak pendapatan kamu secara otomatis dan pengingat untuk pembayaran.

 

Tidak hanya itu Freshbooks juga dapat mengatasi faktur pajak untuk semua project yang dilakukan karena dengan begitu kamu bisa mengatur keuangan lebih efektif dan efisien.

 

4. Jubelio

Terakhir, ada aplikasi pembukuan dari Jubelio. Kelebihan dari pembukuan di Jubelio sendiri dapat mengintegrasikan marketplace usaha kamu dengan pembukuan. Jadi, kamu enggak perlu susah-susah buat input data keuangan secara manual karena sudah otomatis sehingga dapat meminimalisir waktu kamu.

 

Untuk fiturnya sendiri ada banyak mulai dari pencatatan biaya, pembuatan faktur, laporan keuangan, jurnal otomatis, sampai pelacakan persediaan.

 

Selain itu, kelebihan yang hanya ada di Jubelio adalah pembukuan usaha kamu sudah terhubung secara langsung ke marketplace dan toko fisik secara otomatis karena kamu hanya mengaksesnya dalam satu dashboard saja.

Post a Comment

0 Comments